Pantun Cemburu | Contoh Pantun Cinta Anak Muda



Pantun biasa digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta. Maka sampai ada sebutan pantun cinta. Pantun cinta yang digunakan biasanya khas sesuai dengan perasaan. Maka dari itu karena pantun cinta yang ditulis di sini ditujukan untuk pantun cinta anak muda, rasa cinta dan ungkapan cintanya adalah ungkapan-ungkapan cinta ala anak muda.

Pantun Cinta anak muda yang sedang cemburu

Ada udang bersama ikan
Ikan udang saling merayu
Tidak kah kau pedulikan
Perasaanku yang menderu

Mawar melati tumbuh dekat
saling sentuh dua tangkainya
Kau justu semakin dekat
Dengan cowok  lainnya

Burung terbang membawa saku
Saku diisi dengan banyak uang
Seandainya kau tahu rasaku
Bahwa aku teramat sayang

Siput dan udang jalan beruntun
Jalan berlubang belok menyiku
Apalah dayaku hanya berpantun
tentang cintaku dan cemburuku

Pantun cinta di atas menggambarkan keadaan seseorang yang sedang dilanda rasa cinta tapi merasa cemburu kepada orang yang dicintai. Hal ini terjadi karena yang bersangkutan (orang yang mencintai) justru sedang dekat dengan orang lainnya.

Perasaan cinta yang tampak pada bait pertama pantun di atas adalah adanya kata perasaanku yang menderu. Perasaan cinta identik dengan perasaan yang tidak menentu dan menderu-deru. Pertanyaan yang muncul pada bait pertama pantun cinta di atas adalah wujud tidak dipedulikannya rasa cinta yang sedang menderu oleh orang yang sedang dicintai.

Rasa cemburu semakin tampak pada bait kedua pantun di atas. yaitu ketika disebutkan bahwa 'kau justru dekat dengan cowok lain'. Dari sini dapat diketahui bahwa yang menulis pantun adalah seorang cowok yang mencintai seorang cewek. Tetapi si cewek justru dekat dengan cowok lainnya.

Rasa sayang ditampilkan dalam pantun cinta bait ketiga di atas. Dijelaskan bahwa 'aku teramat sayang'. Tetapi didahului kata 'andai kau tahu rasaku' berarti si cewek tidak tahu. Si cowo hanya bisa berandai-andai saja.

Bait keempat dalam pantun cinta di atas menjelaskan tentang ketidak-berdayaan seorang yang mencintai. Hanya bisa mengungkapkan rasa cinta dan rasa cemburunya melalui pantun. Tidak berani mengungkapkannya secara langsung.

Bagaiman pantun cemburumu? Pernah menulis pantun cinta yang cemburu?

Posting Komentar

2 Komentar

Komentarnya harus pantun ya....