Pantun Pramuka Keren Penyemangat



Pantun Pramuka Keren | Pantunmun.blogspot.com – Kalian yang pernah sekolah tentu kenal dengan Pramuka. Semua sudah tahu bahwa Pramuka itu adalah singkatan dari Praja Muda Karana. Jika diterjemahkan secara sederhana, artinya adalah anak muda yang berkarya.

Nah, kegiatan-kegiatan pramuka selalu identik dengan kegiatan di alam bebas, berkemah, berpetualang, kerjasama, dan menyelesaikan tantangan-tantangan yang sengaja dibuat untuk  melatih keterampilan dan kemampuan berpikir. Pramuka memang keren dan selalu bisa mengikuti perkembangan zaman.

Tidak hanya keren, Pramuka itu penting. Maka dari itu, Pramuka menjadi bagian tidak terpisahkan dari kurikulum di sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib. Masing-masing sekolah, masing-masing wilayah baik provinsi, kabupaten, juga secara nasional, harus ada kepengurusan Pramuka.

Alasan terpenting lainnya mengapa Pramuka disebut keren adalah karena setiap kegiatan Pramuka selalu dikemas secara menarik. Hal yang tidak pernah terlewatkan dalam setiap kegiatan Pramuka adalah adanya Pantun.

Pantun dalam kegiatan Pramuka bisa muncul pada saat perkenalan dengan para kakak-kakak pemateri. Pantun juga acap kali muncul dalam setiap pentas seni. Pentas seni dalam kegiatan perkemahan pramuka biasanya digelar malam hari. Nah, dalam pentas seni itulah sering dimunculkan pantun-pantun yang menarik.

Tidak hanya itu, tidak sedikit pula kegiatan yang sengaja menggunakan pantun. Misalnya lomba balas Pantun Pramuka. Atau lomba membaca pantun di atas panggung antar-regu.

Biasanya, kesulitan para anggota regu Pramuka dalam lomba pantun adalah bingung harus membuat pantun yang bagaimana. Maka sering kali pantun yang digunakan dalam lomba pramuka ya pantun itu-itu saja.

Berikut ini beberapa pantun klasik yang sebenarnya sudah membosankan untuk digunakan dalam lomba kegiatan Pramuka.

Kalau ada sumur di ladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umur panjang
Boleh kita berjumpa lagi

Pantun di atas sudah klise, maka perlu diberikan contoh-contoh pantun yang lebih fres, yang lebih segar sehingga kegiatan pantun, dan kegiatan Pramuka menjadi kegaiatan yang semakin menarik dan semakin keren.

Baca Juga: Pantun Nama Regu Pramuka

Berikut ini beberapa contoh pantun yang cocok untuk digunakan dalam kegiatan pramuka.

Jalan-jalan ke kota tua
Kota tua jalannya basah
Kita adalah anak Pramuka
Pantang menyerah pantang susah

Memasak air sampai mendidih
Jangan lupa siapkan kopinya
Mungkin kita pernah bersedih
Tapi kita harus terus berkarya

Kopi diminum terasa segar
Apalagi di waktu petang
Saat ini kita kemah belajar
Masa depan cerah pasti datang

Pantun di atas cocok untuk menggambarkan kegiatan Pramuka yang penuh kegembiraan. Pantun di atas juga mengajarkan bahwa setiap anggota Pramuka dididik dan dilatih untuk pantang menyerah dan selalu belajar sehingga kelak di masa depan bisa meraih cita-cita yang diimpikan.

Baca Juga, syair tentang Dasa Darma Pramuka. Bisa dibaca dalam artikel: Syair Dasa Darma Pramuka

Hujan turun semua basah
Tak nyala kayu meski dibakar
Waktu kemah janganlah susah
Karena di sini kita belajar

Bulu hidung terus berdiri
Karena udara sedang lembab
Untuk bisa hidup mandiri
Dan memiliki rasa tanggung jawab

Ada kain dalam peti
Kain bagus untuk semua
Jika kita besar nanti
Bisa berguna untuk semua

Pantun di atas cock untuk menggambarkan kondisi perkemahan dalam Pramuka. Digambarkan melalaui pantun bahwa kegiatan kemah itu meskipun berat karena harus belajar mandiri, tidur di tenda tidak di kamar, makan seadanya. Untuk minum sulit, mandi sulit, dan masih harus mengikuti banyak kegiatan janganlah dianggap sesuatu yang memberatkan semata, tetapi  juga harus dianggap sebagai proses untuk belajar. Belajar menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas dan diri sendiri. Dengan demikian, ketika sudah besar nanti bisa menjadi manusia yang berguna. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Pantun Pramuka untuk Anak SD

Untuk contoh pantun pramuka yang terakhir dari pantunmun, akan ditampilkan pantun yang cocok untuk pentas seni dan menunjukkan kehebatan regu. Berikut ini contohnya:

Pagi hari makannya roti
Roti dimasak dengan dipanggang
Regu rajawali regu kami
Kami datang tidak menantang

Karena roti makanan bergizi
Perut lapar diubah kenyang
Tapi jika kalian berani
Mundur sejengkalpun kami pantang

Di samping roti telur itik
Enak dimakan selagi hangat
Kami adalah regu terbaik
Berlomba penuh semangat

Terlalu besar semangka dibelah
Ikan tengiri ditangkap jala
Jikapun kami masih kalah
Kami takkan tunduk kepala

Ikan Hiu memakan mangga
Mangga habis memakan duren
Kami akan selalu bangga
Menjadi Pramuka yang keren

Kemilau emas disangka berlian
Ternyata api menyisahkan bara
Juga bisa mengenal kalian
Sesama Pramuka Indonesia

Demikian contoh-contoh pantun yang bisa digunakan dalam kegiatan Pramuka semoga bermanfaat, dan Jayalah selalu Pramuka Indonesia!

Jalan-jalan ke kota Jember
Jember terkenal kota tembakau
Pramuka keren memang bener
Pantunmun juga sangat memukau

Salam Pantunmun!

Posting Komentar

0 Komentar